Bersahabat dengan Internet Baik bagi Generasi JAMAN NOW!!!

Program Internet Baik yang diselenggarakan oleh Telkomsel di Pontianak pada hari Rabu, 15 November 2017 melaksanakan workshop mengenai Edukasi Pendidikan, Blogger, dan Video Maker. Workshop Edukasi Pendidikan yang diisi oleh Bapak Hilman Almadani, seorang trainer, konselor, psikolog Yayasan Kita dan Buah Hati, mendapatkan perhatian paling besar. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah kuota peserta yang seharusnya hanya 25 orang per kegiatan, nyatanya membludak hingga  mencapai 36 orang.

Bpk Hilman Al Madani


Berbagai alasan peserta yang tertarik mengikuti kegiatan edukasi pendidikan dalam menggunakan internet secara baik bagi generasi milenial (generasi Y) atau bahkan yang saat ini terkenal dengan sebutan generasi JAMAN NOW! Bapak Ibnu Amir yang merupakan Ketua Lembaga Mutiara Islam Khatulistiwa yang menaungi SDIT Al-Karimah Pontianak misalnya. Beliau mengatakan “Kebutuhan akan mengedukasi anak sangat diperlukan dalam menghadapi berbagai masalah anak JAMAN NOW yang selalu tidak lepas dalam kebutuhannya dalam menggunakan internet.”


Wawancara Bpk Ibnu Amir (sisi kanan)

Masalah-masalah yang dikemukakan dalam kelas edukasi pendidikan begitu banyak, namun inti utama yang dibahas berkenaan tentang anak-anak saat ini yang kurang tepat dalam memanfaatkan media handphone dan internet sehingga menyerap konten-konten yang kurang tepat yang disajikan. Begitu pula ujaran-ujaran kebencian yang banyak sekali tersaji di media sosial ataupun informasi-informasi yang mudah ditemukan di dalam konten-konten tertentu. Hal tersebut seolah-olah membuat anak justru tidak bisa bersahabat dengan baik dengan internet lewat media handphone yang menjadi “teman” yang dekat dalam mencukupi kebutuhan mereka dalam mengakses informasi.


Salah satu slide materi


Sesuai dengan quotes yang ditawarkan dalam pelaksanaan edukasi pendidikan dalam kegiatan ini yaitu “Bahaya yang paling besar bukan anak akses pornografi atau main games seharian tapi bahaya paling besar adalah ketika orang tua tidak sadar bahwa bencana itu ada di sekitar kita (Elly Risman)”. Untuk itu, peranan orang tua adalah kunci terbaik dalam membantu generasi JAMAN NOW agar mereka dapat memanfaatkan media internet yang seharusnya membuat mereka dapat berkreasi dan berprestasi dengan baik daripada justru mengambil hal-hal yang tidak bermanfaat. Pada akhirnya generasi JAMAN NOW bukan hanya tentang hal-hal yang menunjukkan anak-anak yang tidak tau dalam memanfaatkan apa yang mereka punya, tetapi menjadi generasi pembaharu yang bermanfaat bagi banyak orang, minimal dirinya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tularkan Budaya Lokal Pada Generasi Muda

Aceng: Media Mahasiswa Harus Menjadi Media Alternatif